Rabu, 04 April 2012

Fungsi Dan Contoh Penggunaan Generalization,Include dan Extend

Generalization ,adalah suatu hubungan turunan dengan mengasumsikan satu kelas yang merupakan suatu superclass dengan kelas yang lain .

Contoh: Payment adalah SuperClass dari Cash,Check dan Credit.
          Generalizations menggambarkan hubungan khusus dalam obyek anak/child yang  menggantikan obyek parent/ induk.Dalam hal ini,obyek anak memberikan pengaruhnya dalam hal struktur dan tingkah lakunya kepada obyek induk.Digambarkan dengan garis panah.
Dengan menggunakan notasi generalization ini,konsep inheritance dari prinsip hierarki dapat dimodelkan.



Gambar: Contoh generalization

Include ,merupakan salah satu tipe relasi yang mungkin terjadi di Use Case diagram.Include itu sendiri berarti kelakuan yang harus terpenuhi agar sebuah event dapat terjadi,dimana pada kondisi ini sebuah use case adalah bagian dari use case lainnya .Hubungan include menggambarkan suatu use-case seluruhnya meliputi kegunaan dari use-case lainnya. Sebuah use-case dapat meng-include fungsionalitas use-case lain sebagai bagian dari proses dalam dirinya. Secara umum diasumsikan bahwa use-case yang di-include dieksekusi secara normal.Sebuah use-case dapat di-include oleh lebih dari use-case lain, sehingga duplikasi fungsional dapat dihindari.

Gambar: Contoh Include


Extend , yaitu kelakuan yang hanya berjalan di bawah kondisi tertentu seperti menggerakkan alarm.
Hubungan extend antar use-case berarti bahwa suatu use-case merupakan tambahan kegunaan dari use-case yang lain jika kondisi atau syarat tertentu dipenuhi. Jika prosedur dari use-case merupakan alternatif untuk menjelaskan use-case lain.
Extend digunakan untuk menggambarkan hubungan antar use case yang menunjukkan bahwa satu use case merupakan fungsionalitas dari use case yang lain jika kondisi atau syarat itu terpenuhi.



Gambar:Contoh Extend
Untuk lebih lengkapnya dapat dilihat pada contoh gambar use case dibawah  ini.


Gambar :Use Case Airport

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar